+62 541 282 334

Gabble 101: Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom

Gabble 101: Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom

Gabble 101: Cara Bergabung ke Kelas di Google Classroom

Assalamu ‘alaykum wr. wb.. Bismillahirrahmanirrahim.

Bagi Bapak dan Ibu Guru serta siswa-siswi yang telah mengaktifkan akun Google ibb.sch.id masing-masing, silakan langsung mencoba aplikasi Classroom. Berikut ini saya jelaskan cara bergabung ke suatu kelas yang terdapat di Google Classroom.

Pada tutorial aktivas tempo hari, sudah saya informasikan bahwa untuk bergabung ke sebuah kelas di Classroom terdapat dua jalur, yaitu:

  1. jalur kode akses dan
  2. jalur undangan.

Saya akan jelaskan satu per satu.

Kode Akses

Kode akses kelas dibuat secara otomatis oleh Classroom saat guru menambahkan kelas di Classroom. Jadi, yang pertama kali tahu kode aksesnya apa ya guru yang bersangkutan. Kode akses ini harus dimasukkan oleh siswa ketika ingin bergabung ke kelas guru tersebut. Jadi, para guru harus memastikan bahwa kode yang diberikan ke siswa sudah benar. Sisanya, tinggal niat dari masing-masing siswa untuk bergabung.

Setelah klik tanda plus (+), akan muncul dialog yang meminta Anda memasukkan kode kelas.

Setelah klik tanda plus (+), akan muncul dialog yang meminta Anda memasukkan kode kelas.

Sedikit catatan untuk para guru. Seperti yang saya bilang sebelumnya, Guru dapat membuat ATAU mengikuti kelas. Jadi, ketika mengeklik tanda plus (+), dialog seperti di atas tidak akan langsung muncul. Yang muncul adalah menu drop-down: (1) Join class (mungkin “Bergabung ke kelas”) dan (2) Create class (mungkin “Buat kelas”). Sebagai guru, Anda akan jauh lebih sering create class daripada join class.

Undangan

Selain memberitahukan kode akses, guru dapat memasukkan siswa ke kelasnya lewat undangan alias invitation. Siswa yang telah diundang ke suatu kelas akan melihat link kelas yang bersangkutan di halaman Home atau Beranda Classroom-nya dan diminta memilih antara Tolak (mungkin “Decline”) atau Gabung (mungkin “Join”; kali ini giliran Bahasa Inggrisnya yang saya kurang yakin karena akun saya belum pernah di-invite oleh satu guru pun).

Kelas yang tidak berbasis undangan, tidak ada pilihan Tolak vs Gabung-nya.

Kelas yang tidak berbasis undangan, tidak ada pilihan Tolak vs Gabung-nya.

Prosedur gabung berbasis undangan ini sangat bermanfaat apabila guru ingin memastikan bahwa kelasnya hanya diikuti oleh sejumlah tertentu siswa. Maklumlah, siswa-siswi kita kadang terlalu kreatif. Disuruh gabung, malasnya ampun-ampunan. Giliran tidak disuruh, malah iseng gabung ke kelas orang.

Tur Halaman Kelas

Setelah resmi bergabung ke sebuah kelas, baik lewat jalur kode akses maupun undangan, kita akan dibawa ke halaman kelas yang bersangkutan. Silakan lihat.

Ini tab yang ditampilkan by default ketika kita mengunjungi halaman kelas.

Ini tab yang ditampilkan by default ketika kita mengunjungi halaman kelas.

Tab default yang ditampilkan dalam contoh di atas disebut Aliran aka Stream. Stream ini fungsinya seperti Wall pada Facebook. Sudah pada tahu cara menggunakannya, kan? (Lihat tulisan “Bagikan dengan kelas…” di atas?)

Nah, di Stream inilah guru dapat menerbitkan pengumuman atau tugas untuk para siswa yang sudah bergabung. Lebih rinci tentang ini akan saya cover di postingan lain.

Selain guru, siswa juga dapat menggunakan Stream ini untuk berbagi file (baik dari device maupun Drive masing-masing), video dari YouTube, atau link dari Internet (oke, YouTube juga pake link tapi… yah, pokoknya paham sendiri lah).

Hahaha… kode joinnya bisa di-disable ternyata.

Benar sekali. Seperti kata saya dalam gambar di atas, kode akses kelas dapat dinonaktifkan oleh guru yang bersangkutan. Caranya dengan mengeklik kode akses yang biasanya ditampilkan di sidebar halaman Stream (Aliran) kelas masing-masing ketika dibuka oleh guru yang berhak. Dalam contoh di atas, yang membuka halaman tersebut adalah siswa, maka kode tidak ditampilkan.

Di sebelah tab Aliran alias Stream, ada tab Teman Sekelas (“Classmates”) yang isinya adalah daftar siswa yang telah bergabung dan masih aktif di kelas tersebut.

Di sini baik guru maupun siswa bisa melihat siapa saja yang sudah bergabung.

Di sini baik guru maupun siswa bisa melihat siapa saja yang sudah bergabung.

Di sebelahnya lagi ada tab Tentang aka About. Isi tab ini dibuat oleh guru yang bersangkutan. Jadi, kepada para guru, setelah membuat kelas, salah satu hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengundang siswa atau menyebarkan kode akses adalah mengisi tab Tentang atau About ini.

Sungguh, ini tidak seperti yang terlihat. Saya bisa jelaskan semuanya. Jangan tatap saya seperti itu... B-b-b-baka! >///<

Sungguh, ini tidak seperti yang terlihat. Saya bisa jelaskan semuanya. Jangan tatap saya seperti itu… B-b-b-baka! >///<

Untuk melihat daftar tugas yang diberikan di masing-masing kelas, silakan kunjungi halaman kelas yang bersangkutan atau halaman Tugas alias Assignments dari menu utama Classroom.

Semoga untuk topik ini sudah cukup jelas, ya. Terima kasih sudah membaca.

Wassalamu ‘alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Jumaidil Awal
Jumaidil Awal adalah the most misunderstood man in the world, coming from the most misunderstood country in the world (baca: Indonesia). Meskipun bernama Jumaidil Awal, ia lahir di bulan Rabiul Awal. Meskipun pernah disangka sebagai orang Jawa oleh beberapa orang Jawa, ia sebenarnya adalah orang Bugis. Ia jarang tertawa karena lelucon orang lain, bukan karena tidak menghargai. Terakhir kali dia tertawa karena lelucon orang, orang itu merasa terhina. Anyway, jika tidak sedang mengajar Kimia, suami satu istri ini kadang mengajar Fisika, Matematika, UMMI, atau malah Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>