+62 541 282 334

Latihan Dasar Kepemimpinan 2019

Latihan Dasar Kepemimpinan 2019

Latihan Dasar Kepemimpinan 2019

OSIS kabinet Metamorphosis dan MPK baru saja melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan. Kegiatan ini diikuti oleh calon pengurus OSIS dan MPK periode 2019/2020 dengan selogan ‘take a chance, be a brilliant leader’. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam atau 11-13 Oktober 2019.

Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS periode sebelumnya kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

Pada hari pertama kegiatan dimulai setelah melaksanakan sholat Jum’at dan dibuka oleh sambutan Wakil Ketua OSIS kabinet Metamorphosis periode 2018/2019 yaitu Khairul Umam Salim. Dan Bapak Kepala Sekolah SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda yaitu Bapak Rahmad Rezki, S.S. Inti dari sambutan tersebut adalah, semoga dengan dilaksanakannya Latihan Dasar Kepemimpinan ini dapat menumbuhkan sifat dan sikap kepemimpinan serta memiliki tanggung jawab yang besar terhadap diri mereka sendiri ataupun sekitarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sidang Pleno yang membahas tentang Aturan Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Sidang Pleno merupakan salah satu kegiatan wajib yang selalu ada disaat kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dilaksanakan. AD-ART sendiri merupakan suatu pedoman yang digunakan oleh MPK dan OSIS selama 1 periode dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Setelah Sidang Pleno selesai, peserta diberi waktu untuk IShoMa (Istirahat, Sholat maghrib dan isya, dan Makan malam). Lalu dilanjutkan dengan Materi 1 yang dibawakan oleh Bapak Arsad, S.Pd.Gr. Beliau membawa materi yang bertemakan ‘Public Relation’. Beliau mengatakan bahwa salah satu kunci sukses adalah saat kita berani untuk berbicara didepan orang banyak dan dapat bekerja sama dengan orang baru, dan juga kita harus belajar apa arti dari Empati dan Simpati serta menerapkan kepada orang lain. Setelah selesai membawakan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Problem Solving. 

Problem Solving merupakan sesi baru yang diadakan oleh OSIS Metamorphosis dan MPK di Latihan Dasar Kepemimpinan 2019. Sistematisnya seluruh peserta berkumpul dengan divisi yang sesuai berdasarkan apa yang sudah mereka tulis di formulir dan dibimbing oleh masing-masing koordinator setiap divisi lalu MC memberikan Mosi yang berjudul ‘Dampak penggunaan gadget yang berlebihan’. Mereka harus memecahkan masalah tersebut dengan argumen mereka sendiri berdasarkan perspektif dari setiap divisi.

Dilanjutkan dengan sesi Sharing Time. Sesi ini juga merupakan salah satu sesi baru yang diadakan di tahun ini. Pada sesi ini, pengurus OSIS atau MPK kelas XI periode sebelumnya berkumpul dengan pengurus OSIS atau MPK kelas XII yang akan demisioner. Tujuan diadakannya Sharing Time ini, agar dapat saling bertukar pikiran dan mengevaluasi diri sendiri bagaimana kerja kita selama menjadi pengurus OSIS atau MPK selama 1 tahun menjabat.

Setelah sesi Problem Solving dan Sharing Time selesai, peserta diarahkan untuk bersih diri dan kembali ke ruangannya masing-masing untuk istirahat.

Hari kedua, peserta dibangunkan pukul 03:30 subuh untuk melaksanakan sholat tahajud, subuh, dan tilawatil qur’an. Paginya dilanjutkan dengan senam dan jalan santai lalu makan pagi. Setelah itu peserta diberi waktu untuk bersih diri dan bersiap-siap untuk melanjutkan materi. Namun dikarenakan turun hujan yang sangat deras sehingga pemateri tidak dapat menuju sekolah. Dilakukanlah pencerahan dadakan dan seluruh peserta dikumpulkan ditengah lapangan parkir sekolah dengan menggunakan jas hujan dibawah derasnya hujan, mereka diberitahu apa saja kesalahan yang telah mereka lakukan dari hari pertama sejak kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dimulai.

Selesai pencerahan, peserta diinstruksikan mengganti pakaian untuk persiapan peresentasi Lembar Penanggung Jawaban (LPJ) oleh OSIS dan MPK dari bidang inti, bidang 1, bidang 2, bidang 3, bidang 4, dan bidang 5. Lalu dilanjutkan dengan materi yang akan disampaikan oleh Bapak Yosimar Akbar, M.Pd. yang membawakan materi tentang ‘How to lose your Fear of Public Speaking’. Materi ini diberikan kepada peserta agar dapat mengatasi ketakutannya pada saat berbicara didepan orang banyak supaya pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Sedangkan Bapak Zulfarhan Ibrahim, BA. Yang membawakan materi tentang ‘Pentingnya Berorganisasi’. Materi ini diberikan agar peserta dapat mengetahui betapa pentingnya berorganisasi yang dapat digunakan untuk bekal dimasa depan.

Setelah materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Hardskill Test. Kegiatan ini dilakukan agar peserta dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi pengurus OSIS dari masing-masing bidang yang telah diminati dan mereka tau bagaimana caranya menjalankan program kerja yang ada dari setiap bidang. 

Hardskill Test ini sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2019/2020 siapa saja yang bisa dipilih untuk menjadi Pengurus OSIS di kabinet mereka.

Selesai Hardskill Test peserta diberi waktu untuk bersih diri, beristirahat, dan lanjutkan dengan makan malam lalu tidur. Setelah itu, mereka dibangunkan pada pukul 01:30 pagi untuk melakukan rotasi malam. OSIS Kabinet Metamorphosis dan MPK dibantu oleh kakak-kakak alumni untuk memperlancar kegiatan rotasi malam. Kegiatan ini diadakan untuk melatih mental mereka dengan segala sesuatu yang sudah disiapkan oleh panitia kepada peserta.

Sesudah rotasi malam, peserta diarahkan menuju sergun untuk melaksanakan sholat shubuh dan setelah itu sarapan pagi di koridor kelas. Lalu dilanjutkan dengan Outbond yang dimana kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kerjasama antar anggota MPK dan OSIS terpilih.

Latihan Dasar Kepemimpinan 2019 ditutup dengan melaksanakan apel penutupan yang pembinanya adalah Waka Kesiswaan yaitu bapak Yosimar Akbar, M.Pd. Beliau berpesan kepada para peserta agar dapat mengambil seluruh hikmah yang telah didapat selama mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan. Semoga apa yang didapat bisa diterapkan di masa yang akan datang dan membawa keberkahan untuk kita semua.

 

Aminn….

M. Rafli Pratama on instagram
M. Rafli Pratama
M. Rafli Pratama adalah siswa SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda yang menjabat sebagai pengurus osis bidang 5 (PUBDOK) di kabinet MetamorphOSIS 2018-2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>