+62 541 282 334

Pesantren Ramadhan 2019

Pesantren Ramadhan 2019

Pesantren Ramadhan 2019

 

Kontributor : JurKaTasi , divisi yang berada dibawah naungan OSIS Metamorphosis dan Bidang Lima.

___________________________________________

Setelah seminggu lebih melaksanakan Penilaian Akhir Sekolah (PAS). OSIS Metamorphosis yang dibantu oleh MPK melaksanakan kegiatan tahunan SMA Islam Bunga Bangsa yang ada di bulan Ramadhan, yaitu Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 27-29 Mei 2019.

Pada hari pertama, peserta masuk ke sekolah pada jam 08.00-12.15. Pembukaan pun dimulai dengan sholat dhuha dan tadarus Al-Qur’an, suasana pun sangat tenang dikarenakan para peserta dapat melakukan tadarus dengan khidmat dan khusyu. Setelah melaksanakan tadarus, kita mengundang Damai Aqsha Foundation, mereka memberikan materi yang dibawakan Oleh Syaikh Khader Al-Mahdawi yang berasal dari Yordania dan Ustad Ahsanur Ahmad sebagai penerjemah. Syaikh Khader Al-Mahdawi membawakan materi yang berjudulkan “Pentingnya Menimba Ilmu”. Semua orang tau bahwa kita wajib untuk menuntut ilmu bagi dirinya sendiri dan juga sekitarnya. Dalam Islam pun ada hukumnya, yaitu fardhu ‘ain atau wajib dilakukan oleh setiap muslim, terutama jika hal tersebut diperlukan agar umat muslim dapat menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemateri dari Institut Agama Islam Negeri Samarinda (IAIN) yang dibawakan oleh kak Irfan Fadhlullah. Kak Irfan membawakan materi tentang “Bagaimana Cara Menjaga Puasa Agar Tidak Batal”, diantaranya adalah menahan hawa nafsu dan bersabar.

Hari kedua, dimulai dengan sholat Dhuha dan melanjutkan tadarus Al-Qur’an. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh kak Sigit dari Trainer Cindekia Community yang membawakan materi tentang “Semangat Hidup”. Beliau mengatakan, Jika kamu memiliki masalah besar, bersabarlah. Sabar bukan berarti diam, melainkan juga terus berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kemudian kamu harus bisa mencari sumber masalah yang ada. Mengapa masalah tersebut bisa terjadi? Bagaimana solusinya? Lakukan evaluasi kecil yang bisa membantu Anda dalam memecahkan masalah sehingga kamu bisa lebih lega karena setiap masalah bisa diurai menjadi lebih kecil yang penanganannya lebih mudah. Dan yang terakhir, mulailah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selesaikan satu per satu dengan tujuan bahwa Anda benar-benar ingin menyelesaikan dengan penuh tanggung jawab apapun resikonya. Itu mengapa semangat hidup penting untuk kita miliki. Dipertengahan materi, kak Sigit menyelingi game agar suasana tidak terlalu serius dan dapat berkomunikasi antar pembicara dan audience. Setelah materi kak Sigit selesai, dilanjutkan dengan bapak Jumaidil Awal yang membawakan materi tentang “Posisi akal di dalam Islam”. Salah satu hadits yang dibawakan oleh bapak Aidil adalah dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang berkata “Kata akal, menahan, mengekang, menjaga dan semacamnya adalah lawan dari kata melepas, membiarkan, menelantarkan, dan semacamnya. Maka akal adalah menahan dan memegang erat ilmu, yang mengharuskan untuk mengikutinya”. Setelah itu, para peserta pun pulang pada jam 13.00 untuk persiapan menginap disekolah.

Peserta kembali datang kesekolah pada jam 16.30. Dimulai dengan 3 kegiatan secara langsung yaitu, melanjutkan tadarus Al-Qur’an, pembagian parsel kepada panti asuhan, dan pembagian takjil dijalan raya. Setelah selesai, peserta, guru dan orang tua kelas XI melakukan Iftar sambil menunggu waktu berbuka puasa. Setelah melaksanakan sholat maghrib, guru, siswa, dan orang tua kelas XI makan bersama dan dilanjutkan dengan sholat Isya dan sholat teraweh.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan lomba Ice Breaking yang dimana lomba ini memiliki 4 level. Diantaranya:

Level 1, yaitu sedotan karet. Teknis permainan ini dimainkan dengan cara 3 orang memindahkan setiap karet dengan sedotan yang ada dimulut mereka secara estafet.

Level 2, yaitu ping pong lobang. Teknis permainan ini dimainkan dengan 2 orang menarik tali rapia untuk memindahkan bola ping pong keatas botol yakult.

Level 3, yaitu ping pong basket. Teknis permainan ini dimainkan dengan cara memantulkan bola ke meja hingga bola tersebut masuk kedalam keranjang.

Level 4, yaitu teka teki morse. Teknis permainan ini dimainkan dengan menjawab soal dengan menggunakan clue dari kode morse.

Setelah lomba Ice Breaking selesai, peserta diarahkan untuk beristirahat. Namun, tiba-tiba seluruh listrik di lingkungan Bunga Bangsa mati dan kakak panitia meminta tolong kepada peserta untuk mencari salah satu peserta yang hilang. Seluruh peserta pun dengan sigap langsung pergi ke lapangan apel untuk bersiap-siap mencari peserta yang hilang. Ternyata, itu semua hanya rencana yang dibuat oleh kakak panitia untuk menjalankan suatu game yaitu Riddle. Tugas mereka dalam game Riddle ini adalah mencari peserta yang hilang dengan clue yang sudah diberikan oleh setiap pos yang mereka lewati.

Game Riddle pun selesai dan peserta diarahkan untuk beristirahat di ruangan masing-masing. Pada jam 03.30, peserta dibangunkan untuk sahur dan melaksanakan sholat subuh. Setelah itu, peserta diarahkan untuk melakukan operasi semut dan bersih-bersih diri. Terakhir, ada game dan sedikit materi yang dibawakan oleh bapak Jumaidil Awal tentang bagaimana cara membedakan berita hoax dan berita real.

 

Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah kepada pemenang disetiap kelompok yang diserahkan oleh Ketua Panitia Pesantren Ramadhan dan PJ Acara. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan akhlaq siswa, pengetahuan tentang islam, semangat dalam menjalankan ibadah puasa, kerja sama, dan tentunya untuk memperkuat hubungan seluruh siswa dan siswi.

SAMPAI JUMPA DI PESANTREN RAMADHAN 2020

M. Rafli Pratama on instagram
M. Rafli Pratama
M. Rafli Pratama adalah siswa SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda yang menjabat sebagai pengurus osis bidang 5 (PUBDOK) di kabinet MetamorphOSIS 2018-2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>